Thursday 4 June 2009

Bahasaku, Bahasa Indonesia

Indonesia, negriku, tumpah darahku. Aku cinta Indonesia. Indonesiaku kaya bahasa dan budaya. Benar-benar menakjubkan. Menurut salah satu thread yang saya baca di link kaskus ini, Indonesia merupakan negara dengan bahasa daerah terbanyak di dunia. huumm. Aku bangga sekali dengan Indonesia =D.

Menurut saya, bahasa nasional kita mempunyai kelebihan bila dibandingkan dengan bahasa internasional, bahasa Inggris. Bahasa Indonesia mempunyai kata 'kami dan kita', sedangkan bahasa Inggris hanya mengenal kata 'we'.
Menurut kbbi, 'kami' adalah kata ganti orang pertama jamak, menyatakan kelompok di luar lawan bicara, sedangkan 'kita' adalah kata ganti orang pertama jamak, menyatakan kelompok termasuk lawan bicara.
Menurut kamus oxford, 'we' is I and another person or other people.

Selain mengenai hal di atas, bahasa Indonesia juga lebih indah dalam penggunaannya. Saya langsung pada contohnya.
Seorang manusia. Sebutir telur. Seekor beruang.
A man. An egg. A bear.
Masih begitu banyak se- yang lain yang terdapat dalam bahasa Indonesia. Sangat indah.

Saya semakin menyadari keindahan bahasa ibuku ini ketika membaca Laskar Pelangi. Ooo. Ternyata sebuah karya yang dibentuk oleh kata-kata sederhana, dapat menjadi karya yang luar biasa. Hidup Laskar Pelangi^^. Mungkin saya cukup terlambat, tapi yang penting, saya tidak ketinggalan untuk menikmati Laskar Pelangi.

No comments: