Wednesday 18 March 2009

Internet, oh Internet

Masa sekarang memang berbeda dengan masa dulu. Teknologi sekarang sudah jauh berbeda dengan yang dulu. Kapan itu 'dulu'? Tidak perlu jauh-jauh. Masa saya SD dan SMP saya sudah jauh berbeda dengan sekarang.

Hal yang sangat nyata adalah keberadaan internet. Sekarang, siapa yang tidak tahu internet? Friendster, Facebook, Myspace, Hi5, Blog, Google, Yahoo, Messenger, lalala~~, segala macam yang lain yang super duper banyak.

Kemarin saat chat dengan Fen, kami berdua sempat membahas kapan pertama kali mengenal dunia maya ini. Mmm, saya rasa ini bisa menjadi topik yang cukup menarik. :)

Saya pertama kali kenal istilah warnet kelas 3 SMP. Saat itu pun saya sama sekali belum mengerti apa itu warnet, apa yang dikerjakan di warnet, buat apa warnet itu dan sebagainya. Warnet yang pertama kali saya kunjungi adalah Hollywood di Palembang tentunya. Itu pun hanya ikut-ikutan masuk. Yang berkepentingan di sana adalah koko saya yang saat itu mau daftar masuk perguruan tinggi lewat internet. (canggih ya?, haha)

Warnet yang selanjutnya saya kunjungi adalah Oddy dan Tera. Wow, letaknya di satu kompleks yah? Itu sudah masa SMA kayaknya. Jadi kehidupan abis sekolah, emang ada di sana semua. O iya, ada satu lagi. Warnet dekat rumah yang namanya aneh, Getabasa (bahasa Palembang asli, artinya pelit, esweteh).

Mmm, sebenarnya saya rada-rada lupa, apa yang saya lakukan saat baru kenal warnet kala itu. Tapi saya akan coba ingat-ingat. Yang pasti, di awal-awal saya kenal yang namanya internet, saya pasti ke warnet atas nama tugas. Semakin lama, saya pergi ke warnet dengan alasan yang makin tidak jelas. O iya, saya ingat. Saya pertama kali bikin email di Oddy. haha! Lalu dilanjutkan dengan bikin Friendster. Karena uda memelihara yang namanya Friendster, alasan ke warnet pun berubah menjadi ingin buka Friendster. Kalaupun tujuan utama adalah cari bahan tugas di Google, di tab selanjutnya pasti masuk ke www.friendster.com.

Sekarang, bukan hanya Friendster yang digandrungi. Facebook dan messenger menjadi suatu barang wajib. Malah, Friendster sekarang kalah pamor ama situs-situs pertemanan yang lain.
Semua informasi mengenai apapun dapat dengan mudah diakses lewat internet. Mau chat, tinggal chat, mau telepon, tinggal telepon, walaupun terpisah oleh samudera (woo, aga lebay bahasanya wkwk). Dunia menjadi tanpa batas (borderless world). Proses pembelajaran juga banyak yang menggunakan. e-learning, bisa dibaca di sini. Blog-blog pun mulai berseliweran di mana-mana, seperti yang sedang saya lakukan =D. Mau nonton bioskop, mau lihat jadwal film, tinggal buka websitenya, ini atau yang lain. Mau baca komik, tinggal buka ini. Mau nonton film korea, taiwan, buka ini. Serta website-website lain yang masih banyaaaaaaaaaaaaaaaak lagi. Forum-forum juga uda banjir di mana. Ini forum favorit saya^^.

Setelah kurang lebih 4 tahun saya mengenal internet, saya juga menjadi salah satu orang yang hidup berdampingan dengan dunia ini. Googling, chatting, blogging, facebooking, kaskusing, mailing, dst, dll, dsb. Banyaknya peliharaan sayaaa. Karena ini, tiap kali saya menyalakan komputer saya, saya pasti tergoda untuk melihat perkembangan peliharaan saya. Dimulai dengan messenger, lalu facebook, blog, kaskus, detik/kompas/okezone, lalala~~.. Alhasil, tujuan utama saya tertunda hingga beberapa jam. Tujuan utama saya seminggu ini mau belajar autocad. Tapi..., tapi..... Inilah yang membuat saya malas bila mau mengerjakan sesuatu menggunakan komputer. Pasti jadi lama! Huhu. Tapi, mau gimana lagi? Saya sendiri berbuat, saya harus bertanggung jawab dan saya melakukannya dengan sadar! huehue..

4 comments:

~'FeN'~ said...

kau duluan kenal inet dari aku lennnn...

muahahaha...

dulu mah kita hepi2 wae tanpa inet, tapi kok sekarang seolah ada yg kurang kalo nda buka inet???

Kebutuhan primer: sandang, pangan, papan, networking(inet)

lalala~~

Valen said...

hahaha. dunia memang sudah berubah..

Anonymous said...

hahahaha...
asle....
emang bener e...
kebutuhan pokok kito sekrang --> sandang, pangan, papan, networking..
hohoho...

aq kenal internet pas kelas 6 SD amen dk salah... gara2 nk ikut lomba di telkom... haha... bareng samo dya jg ckny dulu... warnet pertamo aq apo e namony... lupo... di deket veteran, deket mie keriting, deket belitang.. lupo namonyo... sampe sekarang ckny warnet t maseh ado..
hahahaha.....

Valen said...

lisa lebih keren lagi. dari sd dah kenal inet!!waaaaaaaaa