Sunday 15 March 2009

Wilayah Indonesia

Kali ini saya akan mencoba membahas hal yang rada berat dan serius.
Saya mau membahas tentang kewilayahan Indonesia. Saya terinspirasi untuk menulis ini karena saya baru saja menjalani ujian Kewarganegaraan pada hari Jumat kemarin. haha! Pada pelajaran pengantar, dibahas tujuan mempelajari KWN di perguruan tinggi, yaitu untuk membentuk mahasiswa yang memiliki kesadaran berbangsa dan cinta tanah air. Saya salah satunya.=D

Dari beberapa sub-bab yang ada di materi ini, ada satu bab yang menarik bagi saya, yakni mengenai geopolitik Indonesia. Mengertikah kalian? Geopolitik adalah kekuasaan di mana mempertimbangkan bumi dan segala isinya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sebagian besar terdiri dari laut.

Berikut pembagian laut Indonesia dari masa ke masa berdasarkan :

1. Ordonansi 1939

Wilayah Indonesia terpecah-pecah dengan kebijakan bahwa laut adalah milik internasional. Laut menjadi pemisah bagi pulau-pulau di Indonesia. Wilayah Indonesia adalah pulau-pulau serta laut yang berjarak 3 mil sekeliling pulau.

2.Deklarasi Juanda 1959

Laut teritorial adalah laut di antara pulau serta laut berjarak 12 mil mengarah ke luar. Kebijakan 3 mil diganti menjadi 12 mil pada kebijakan ini. Indonesia menjadi satu kesatuan yang utuh.

3. UNCLOS (United Nation Convention on the Law of the Sea)1982

Pada keputusan hukum internasional ini ditetapkan batas ZEE wilayah Indonesia, yakni 200 mil. Wilayah ini bukan wilayah teritorial, tetapi Indonesia memiliki kesempatan yang pertama untuk memanfaatkan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya.

Bagaimana dengan batas ruang udara Indonesia? Pernahkah terpikir? Saya baru tahu saat saya mendapat pelajaran ini.





Batas ruang udara Indonesia diukur dengan menarik garis dari pusat bumi menyinggung batas wilayah laut Indonesia. Begitu pula dengan batas ruang antariksa Indonesia dan GSO (Geo Stationery Unit).

Pengertian GSO, menurut link ini
GSO itu adalah...(mengambil peta dunia, yang sudah disiapkan di atas meja. Lalu menunjuk pada garis khatulistiwa). Ini khatulistiwa, GSO ada di atas ini. GSO itu jaraknya 36 ribu kilometer. Hanya negara tertentu saja yang punya. Seperti Indonesia, Kolombia, Ekuador, Brazil, Zaire, Uganda, juga Kenya. Jadi nggak banyak. Ini barang langka. Kita ini negara kaya. Kita yang ada di indonesia paling panjang di seluruh dunia (GSO-nya). Mencapai 12,8 persen, kurang lebih 34 ribu kilometer. Nah, satelit ditaruh di GSO ini, dipanteng kaya layangan. GSO ini orbit yang luar bisa, sumber daya alam yang terbatas. Kan kita kalau pasang satelit harus pakai frekuensi, frekuensi itu jumlahnya terbatas. GSO yang lingkaran 360 derajat itu hanya cukup 180 satelit, karena jaraknya harus dua derajat antar satelit.

Mmm, cukup ah. Saya juga makin lama pusink sendiri.. haha

No comments: